Tunggu Sebentar...

10/26/2017

Keragaman Komunikasi Menurut Para Ahli

Baca Juga



Agar Website AA SCIENCES Rutin Update Artikel Terkait Dunia SHARING PENGALAMAN atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy dan Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy dan Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy dan Ukhti :)
Keragaman Komunikasi Menurut Para Ahli
Keragaman Komunikasi Menurut Para Ahli

AA Sciences, Keragaman Komunikasi Menurut Para Ahli
- Dalam dunia teknologi serta komunikasi, peranan dalam perangkat pendukung serta media sangatlah menentukan baik itu dari segi efisiensi komunikasi, terutama yang berkaitan dengan fungsinya sebagaimana pengirim atau bahkan penerima informasi sekalipun.

Peranan tersebut tidaklah hanya sebagai perangkat yang dapat mendefinisikan suatu informasi dari pengguna terhadap sistem komunikasi atau bahkan sebaliknya saja, akan tetapi mempengaruhi pula performa serta teknologi dari segi jenis komunikasi yang ingin digunakan.

Komunikasi yang bila ingin dilakukan secara konvensional, hanya dapat mengirimkan informasi yang umumnya terbatas saja, tidak jarang pula dari kondisi jarak pun kerap menjadi hal yang pokok untuk dipertimbangkan.

Komunikasi dengan menggunakan perangkat-perangkat tertentu, contohnya perangkat analog, jika informasi yang ingin dikirimkan hanya dapat berupa suara (komunikasi audio) atau suatu teks yang berisikan media faksimile.

Tetapi bilamana kita menggunakan dengan perangkat serta teknologi-teknologi digital, seperti komputer, laptop maka informasi yang hendak dikirim serta diterimakan tidaklah hanya dalam bentuk suara (audio), tetapi dalam pula seperti bentuk video serta data pun dapat termasuk.

Pengertian Keragaman Komunikasi


Menurut Onong Uchjana Effendy, komunikasi adalah suatu proses dari penyampaian pesan terhadap seseorang diberikan kepada orang lain untuk memberitahukan, pendapat, mengubah sikap, perilaku, baik itu secara langsung (lisan) ataupun tidak langsung (tertulis/media) yang intinya akan memberikan suatu informasi.

Sedangkan menurut Lasswell (1960), komunikasi adalah suatu proses yang mana menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? terhadap siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says? what? in which channel? to whom? with what effect?).

Berikut terdapat 5 unsur komunikasi yang akan AA Sciences bagikan menurut Lasswell (1960) sebagai berikut.

1. Who? (Siapa/sumber)


Sumber atau komunikator adalah pelaku utama atau pihak yang bersangkutan memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi atau bahkan yang hendak memulai suatu komunikasi, dapat itu secara individu, kelompok, rekan, organisasi, maupun suatu negara/universal sekalipun hal tersebut yang termasuk sebagai komunikator.

2. Says what? (Pesan)


Apa yang hendak disampaikan atau dikomunikasikan terhadap penerima (komunikan) dari sumber (komunikator) atau bahkan isi dalam suatu informasi? itu merupakan beberapa simbol dari verbal/nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan/maksud sumber tersebut. Terdapat 3 jenis komponen pesan, yakni diantaranya makna, simbol, dan bentuk suatu organisai pesan.

3. In which channel? (Saluran/media)


Saluran media adalah bahan atau alat untuk menyampaikan suatu pesan dari komunikator (sumber) terhadap komunikan (penerima) baik itu secara tatap muka (langsung) atau bahkan secara melalui media elektronik dan lain lain (tidak langsung).

4. To whom? (Untuk siapa/penerima)


Penerima adalah user atau sekelompok atau organisasi dalam suatu negara yang hendak menerima suatu pesan dari sumber. Disebut dengan tujuan (destination), pendengar (listener), khalayak (audience), atau bahkan penafsir atau komunikan (decoder).

5. With what effect? (Dampak/efek)


Dampak/efek yang kerap terjadi umumnya dalam komunikan (penerima) setelah menerima pesan dari berbagai sumber seperti perubahan sikap, menambahnya ilmu/pengetahuan, dan hal lainnya.

Dari pengertian-pengertian diatas, dapat tersimpulkan bahwasanya yang dimaksud komunikasi yakni suatu proses penyampaian informasi antarindividu, baik itu perorangan, organisasi, golongan, masyarakat atau bahkan negara atau internasional sekalipun.

Artikel Terkait

Seorang Pelajar yang Ingin Berbagi Ilmu Pengalaman yang diketahui nya kepada seluruh Umat Manusia, dan Semoga Ilmu yang ia bagikan tersebut bermanfaat. Amin

================================================================
~ Jika ingin men Copy Paste harap masuk kan sumber link artikel saya di postingan sobat
~Dilarang Berkomentar link aktif , jika ada yang memasuk kan link aktif maka kami akan Hapus dan kami anggap Spam
~ Komentar lah dengan Bahasa yang Baik dan Relevan dengan sesuai artikel terkait tersebut . Terimakasih
================================================================
EmoticonEmoticon