Tunggu Sebentar...

7/20/2017

Komponen Teks Formulir Halaman Website

Baca Juga



AA Sciences, Komponen Entri Teks (Input Teks Password dan Input Multiline) Pada Formulir Halaman Website - Form HTML biasanya memiliki fungsi, yang mana dipergunakan sebagai tools untuk memilih beragam macam jenis inputan yang telah disediakan. Data pun biasanya bisa diinputkan dalam bentuk beberapa jenis form tag diantaranya seperti bentuk input teks, textarea, radio, button, checbox dan lain sebagainya. Dari bentuk-bentuk inputan tersebut tentunya telah dikemas dalam elemen tag-tag form tertentu.

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini AA Sciences akan memberi informasi yang cukup detail terkait komponen-komponen teks yang ada pada formulir halaman suatu website, mari simak ulasannya dibawah ini terkait komponen teks halaman formulir dalam suatu website.

1. Komponen Input Text Password


Komponen Input Text Password bertanggung jawab penuh dalam rangka memasukkan data sejenis password/kata sandi. Terlihat dari atribut-atribut tersebut, yang lebih tertata utama yang mesti disesuiakan atau hendak diberinya kriteria nama sesuai dengan yang itemnya yakni memiliki atribut 'name', lantaran file yang dituju dari atribut action pada tag form, yang umumnya adalah file server side scripting (PHP) yang mana akan bertugas sebagai mengambil suatu input dari form yang berdasarkan atribut dari tag nama (atribut 'name') dari komponen form input yang terkait.

Disamping itu selain type atribut name, terdapat pula type atribut text, input teks jenis password yang ber atribut 'passsword' yang mana atribut dari password ini berfungsi dalam tag form untuk memasukkan suatu kata kunci rahasia atau kata sandi rahasia dari pengguna dalam form-form yang hendak login/masuk dalam suatu website/halaman. Biasanya pun juga attribut password biasa memberikan hasil dengan inputan dengan notasi 'o'.

Pada umunya penggunaan format jenis dari elemen input text atribut password HTML adalah sebagai berikut:
<input type=password name=name>
<input type=password name=name size=size>
<input type=password name=name value=value>
<input type=password name=name maxlength=maxlength>
Dan cara jika ingin form input dari atribut password, agar form bekerja, maka biasa diberi nama=pwd dengan memiliki panjang ukuran karakter biasanya terdapat 6 karakter (maximal).

<!doctype html>
<html>
<head>
<title> Masukkan Password </title>
</head>
<body>
<form>
  Password: <input type='password' name='pwd' maxlength='6'>
</form>
</body>
</html>

Berikut Hasilnya dari penerapan script atrbut 6 password diatas:
Masukkan Password
Password:

2. Komponen Text Area Multiline


Komponen text area multiline adalah area yang mana memiliki area tempat dalam rangka untuk suatu text atau tulisan yang baru atau dapat pula dikatakan yakni sebuah komponen HTML, yang mana dipergunakan untuk menampilkan beberapa text dalam bentuk format suatu text.

Untuk menampung input teks yang memiliki ukuran yang cukup panjang atau bahkan terpampang dengan lebih dari beberapa baris kebawah, tentunya kita usahakan menggunakan komponen suatu atribut input yakni atribut 'textarea'.

Atribut dari TEXTAREA biasanya dapat disatukan dengan tag-tag form yang mana untuk menjadikan suatu inputan yang ingin diolah oleh suatu file yang bertugas pemproses sebagaimana seperti yang telah dijelaskan dalam tag-tag form tersebut.

Pada umumnya, penulisan format umum dari textarea multiline yakni seperti: <textarea atribute='atribute'>. Terdapat pula atribut dari beberapa textarea, diantaranya yakni atribut rows, cols, dan masih banyak atribut lainnya. Begitu pula dalam dokumen valid HTML5 telah menyediakan 6 jenis atribut baru dari textarea, diantaranya:



Atribut Value Keterangan
Autofocus
(NEW)
autofocus Area tertentu pada text area,  dimana kursor y akan mengatur otomatis mengarah menuju daerah tersebut ketika halaman web sedang di proses.
Cols number Menentukan Lebar Text Area.
Disabled disabled Text area yang dapat diubah.
Form form_id Mengatur satu bahkan lebih form pada suatu text dalam area.
NEW HTML5 - Menentukan Panjang text area.
Maxlength
(NEW)
Number Menentukan panjang karakter pada text area.
Placeholder
(NEW)
text Memberikan gambaran singkat tentang nilai pada suatu text area
Readonly text text area siap dibaca kapan saja (readonly)
Required
(NEW)
readonly Harus diisinya teks atau tidak
Rows number Menentukan Tinggi dalam text area
Wrap
(NEW)
hard soft Menentukan cara teks dikemas sebelum teks tersebut dikirimkan.

Keterangan:

NAME = Atribut NAME ini dipergunakan dalam rangka untuk memberikan suatu nama dari TEXTAREA. Biasanya atribut ini pun akan bekerja sebagai atribut yang sangat berguna jika tag dari TEXTAREA hendak digabungkan dengan tag FORM.
COLS = Atribut COLS ini berfungsi sebagai digunakan untuk menentukan lebar dari TEXTAREA dalam tag FORM.
READONLY = Atribut READONLY berfungsi digunakan sebagai agar membuat suatu tulisan yang tercantum di dalam TEXTAREA yang biasanya hanya dapat dibaca serta disalin tetapi tidak dapat diganggu gugat (di ubah-ubah).
DISABLED = Atribut DISABLED berfungsi dipergunakan sebagai agar suatu tulisan yang terdapat pada dalam TEXTAREA tidak dapat di ganggu gugat, tidak bisa disalin dan bahkan diubah sekalipun.

Artikel Terkait

Seorang Pelajar yang Ingin Berbagi Ilmu Pengalaman yang diketahui nya kepada seluruh Umat Manusia, dan Semoga Ilmu yang ia bagikan tersebut bermanfaat. Amin

================================================================
~ Jika ingin men Copy Paste harap masuk kan sumber link artikel saya di postingan sobat
~Dilarang Berkomentar link aktif , jika ada yang memasuk kan link aktif maka kami akan Hapus dan kami anggap Spam
~ Komentar lah dengan Bahasa yang Baik dan Relevan dengan sesuai artikel terkait tersebut . Terimakasih
================================================================
EmoticonEmoticon